Pelaku Perampokan Toko Emas Semar, Komplotan Antar Kota


Lumajang - 6 Pelaku perampokan di toko Emas "Semar" Pasar Kunir, Lumajang merupakan kelompok gabungan dari Jakarta, Palembang, Surabaya dan Jember. Kelompok ini dikendalikan oleh seorang gembong bernama Mat PM, yang menjadi buruan polisi.

"Ini komplotan perampok Mat PN yang diburu polisi. Sedangkan aksi di wilayah Besuki dipimpin Mugib," kata Kapolres Lumajang, AKBP Dedi Prasetyo, pada sejumlah wartawan di Mapolres Lumajang, Kamis (20/05/2010).

Menurut AKBP Dedi Prasetyo, pelaku pimpinan Mugib untuk wilayah Lumajang telah dua kali beraksi. Pertama, perampasan emas di wilayah Kecamatan Candipuro dan Toko emas Semar di Pasar Kunir. Sehingga 3 dari 6 pelaku berhasil diringkus.

"Kelompok Mugib ini, spesialis perampokan nasabah dan toko emas dengan jumlah tangkapan besar," ungkap pria dengan melati dua di pundaknya.

Tentang keterlibatan Didik, satu pelaku yang diringkus, polisi menduga dia tengah dikaderisasi untuk melakukan sejumlah perampokan lainnya. Hasil pemeriksaan, Didik sudah dikenalkan bagaimana cara merampok dan beraksi.

"Didik adalah anggota baru," jelas Kapolres.

Barang bukti yang berhasil diamakan polisi pada saat penangkapan, Rabu kemarin yakni perhiasan emas seberat 3 kg, satu senpi jenis FN 46 Kaliber 9 mm, Sepeda motor Mega Pro Nopol P 5246 LB, Yamaha Scorpio Nopol P 5398 PR, 2 HP merk Nokia dan kapak merah.

Polisi menduga, Yuda, Amron dan Napi, 3 pelaku yang berhasil melarikan telah kabur ke Bali. Bahkan dari 3 tersangka, Yuda juga membawa Pistol jenis FN.

"Kami sudah minta bantuan Polda Jatim untuk mengejar pelaku," ungkap Dedi Prasetyo.

Sementara, salah tersangka yang masih hidup, Didik Prayitno (28), Warga Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Jember mengaku baru pertama kali melakukan perampokan bersama Mugib CS. Dia hanya bertugas menunggu di sepeda motor saat rekan-rekannya beraksi.

"Saya hanya pertama kali ikut merampok mas," kata Didik, kepada detiksurabaya.com.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © warta lumajang