Jelang Puasa, Dinas PU Lumajang Getol Perbaiki Jalan


Lumajang - Menjelang puasa ramadan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lumajang memprioritaskan perbaikan jalan di wilayahnya. Hal ini untuk kelayakan jalan menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran.

Dinas PU juga mendata perbaikan di beberapa titik. Diantaranya, perbaikan ruas jalan protokol penghubung antar wilayah Kabupaten yang merupakan ruas jalan provinsi, ruas jalan Kabupaten yang menjadi tupoksi Dinas PU.

Menurut Kepala Dinas PU Kabupaten Lumajang Ir Nurgoho Dwi Atmoko, pekerjaan
perbaikan ruas jalan protokol penghubung antar wilayah kabupaten atau ruas jalan
propinsi di wilayah Kabupaten Lumajang, yang menghubungkan dengan Kabupaten
Probolinggo dan Jember, telah dikerjakan dengan alokasi APBN.

"Pekerjaan perbaikan ruas jalan provinsi ini, meski sesuai kontrak dikerjakan sampai Bulan Oktober mendatang, namun sebelum itu kesiapan pengaspalan ruas jalan
mempergunakan sistem hotmix ini, ditargetkan sudah bisa dipergunakan sejak sebelum lebaran mendatang," jelas Nugroho saat dikonfirmasi, Sabtu (24/7/2010).

Hal ini, kata Nugroho, sesuai pendataan yang dilakukan. Seluruh perbaikan jalan protokol provinsi yang dikerjakan saat ini, siap dijadikan jalur bagi arus mudik dan balik nanti. "Baik ruas jalan penghubung antara Lumajang-Probolinggo maupun Lumajang-Jember. Termasuk ruas jalan provinsi di dalam kota," paparnya.

Sedangkan, sisa penyelesaian pekerjaan finishing seperti marka jalan akan
diselesaikan sampai Oktober mendatang. Sementara untuk ruas jalan kabupaten yang menjadi kewenangan Dinas PU, akan diselesaikan dalam tempo bersamaan.

"Dengan priortitas, perbaikan rutin dan pemeliharaan berkala yang saat ini,
seluruhnya masih dalam proses pelaksanaan. Sesuai kontrak, penyelesaiannya juga
sampai Bulan Oktober mendatang," sambungnya.

Dalam pelaksanaan perbaikan jalan ini, Dinas PU akan mempergunakan sistem hotmix untuk ruas jalan Kabupaten. Hal ini dilakukan, dengan pertimbangan sisi efektivitas efisiensi dan kecepatan pekerjaan.

"Meski pelaksanaan pengaspalan jalan Kabupaten dengan mempergunakan hotmix ini, akan menyedot alokasi anggaran yang besar. Namun, dari sisi kontruksi dinilai lebih kuat dengan umur kerusakan yang lebih panjang, dibandingkan sistem lapen yang sering dipergunakan sebelumnya," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © warta lumajang